CPL

PERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terdiri dari unsur Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus.

Unsur Sikap (Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020 tentang SN-DIKTI)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan (Sesuaikan level KKNI)

  1. Menguasai fakta, konsep, prinsip, dan operasi matematika yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran ditingkat satuan pendidikan menengah.
  2. Menguasai fakta, konsep, prinsip, dan operasi Matematika dan teknologinya untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang ilmu lainnya
  3. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural matematika yang diperlukan untuk studi kejenjang yang lebih tinggi.
  4. Menguasai konsep matematika dan teknologi kependidikan dalam mengembangkan produk-produk pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK untuk menunjang terselenggaranya kegiatan pembelajaran matematika.
  5. Menguasai konsep dan prinsip pedagogis dalam pembelajaran matematika untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  6. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, dan evaluasi/assesmen pendidikan guna mendukung pembelajaran matematika di sekolah.
  7. Menguasai teknik dasar dibidang penelitian matematika dan pembelajarannya.
  8. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan, pengetahuan manajemen, dan pengetahuan komunikasi publik.

Keterampilan Umum (Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020 tentang SN-DIKTI)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus (Sesuaikan Level KKNI)

  1. Mampu mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman prosedural hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal.
  2. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika sesuai tuntutan kurikulum sekolah.
  3. Mampu menganalisis kurikulum matematika sekolah menengah dan implementasinya dalam proses pembelajaran matematika.
  4. Mampu menerapkan pedagogi specific untuk membelajarkan konsep matematika dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogiyang tepat
  5. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya melalui seminar atau jurnal ilmiah, yang dilandasi nilai-nilai kejujuran dna bertanggungjawab.
  7. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  8. Mengaplikasikan konsep dan prinsip pedagogimatematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  9. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan matematika terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika (dengan menggunakan bahasa internasional).

Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar kewirausahaan, pengetahuan manajemen, dan pengetahuan komunikasi publik.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika (FMIPA) Universitas PGRI Banyuwangi bisa Di Unduh melalui Link Berikut